Sabtu, 22 September 2007

Rahasia Kecantikan

Rahasia Kecantikan

Oleh: Suci Handayani

Berangkat dari kepedulian akan seorang sahabat yang selalu ‘ngeluh’ dan bilang kalau doi pengen kelihatan segar dan cantik, maka “plagiator” jadi tergugah buat nyoba-nyoba iseng nyari artikel yang berhubungan dengan dunia kecantikan.

Hasilnya, kutipan dari beberapa artikel koleksi pribadi “plagiator”, tersaji di depan anda, walau tidak tertib. Ok langsung aja, deh… Berikut ini kiat-kiat biar kamu tetap cantik dan awet muda...

  1. Banyak tertawa..

Ups! Tunggu dulu.. jangan langsung tertawa dimanapun kita suka. Kita harus lihat kondisi. Takutnya kita tertawa ditempat yang salah. Oke, di bawah ini, ada beberapa saat, ketika kita tidak boleh tertawa pulas. Aeh, tertawa lepas. He…

a. Disaat proses pemakaman

b. Di acara sunatan (ngetawain anak kecil yang lagi disunat… hehe..)

c. Pada acara pelepasan kepala sekolah, dan juga….

d. Pada acara katakan cinta (yang pejuangnya, kebetulan ditolak oleh target).

Tertawa… Sampai sekarang, memang belum ada seorangpun yang berani melarang. Bahkan, belum ada RUU tentang pelarangan tertawa di muka umum. Atau belum juga kita temui discourse yang berbunyi: “Tertawa Berarti Masuk Neraka”, atau “Tertawa, Benjol!”. Oleh karena itu, tertawalah selagi anda mampu dan kuasa untuk mengekspresikannya.

Tertawa memang bikin orang awet muda, bahkan bisa bikin jantung kita sehat. Menurut para ahli kedokteran dari Universitas Maryland AS tertawa atau humor bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Mereka menduga bahwa ketika kita tertawa, maka terjadilah pelepasan endorphin, hormon yang diyakini bisa membantu memperbaiki kondisi pembuluh darah. Pelepasan hormon ini dalam jumlah banyak juga terjadi setelah seseorang melakukan olah raga. Kemungkinan lain tertawa akan merangsang pelepasan nitrat oksida, yaitu gas yang mampu merelaksasi endothelium (salah satu bagian dari pembuluh). (Sumber: Republika/27/03/05).

Berdasarkan kesimpulan para ahli, kita jadi tahu kan, kalau kegiatan tertawa enggak kalah sehat dengan kegiatan berolah raga. Tapi ingat, tertawa jangan berlebihan. Enggak enak sama tetangga yang baru putus cinta…!

  1. Sering Bersihkan muka

Kita semua tahu kalau face atau muka is the first thing to be looked by somebody in the first sight. Makanya, kita jangan ragu untuk menjaga agar muka kita tetap eye-catching. Mau tahu rahasia membuat muka tetap kinclong tapi dengan cara alami? Let’s work it out, girls!

a. Coba sekali-kali cuci muka kita pakai air beras.

Percaya gak, kalo di Jepang, wanita asal negeri Kose, selalu menggunakan air beras untuk membasuh wajah atau juga ketika mereka mandi dan berendam. Konon hal tersebutlah yang menjadikan kulit mereka senantiasa putih dan muda.

Dari hasil penelitian para ahli yang dilakukan di laboratorium Kose, diketahui bahwa dalam beras terdapat 26 macam ekstrak, yang salah satunya berfungsi utuk meningkatkan fungsi pertahanan kulit sekaligus mampu mendorong ceramide, yang fungsinya untuk penyeimbang air untuk mengatur kelembapan, sehingga kulit mempunyai pertahanan yang lebih kuat. (adapted from Lesthia’s article on Republika). So, gak usah gengsi lagi buat membasuhkan air cucian beras ke muka kamu, oceh?!

b. Coba banyak minum air putih

Banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan agar kita minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas dalam sehari, karena dengan meminum air putih secukupnya, racun-racun yang ada di tubuh kita akan segera raib. Dan otomatis, dengan kondisi tubuh yang sehat, akan berdampak pula pada kesegaran wajah kita.

c. Berwudhu

Ini dia aktivitas yang biasanya malas kita kerjakan, berwudhu walaupun kita tidak berniat shalat. Padahal, ketika kita mau menjaga wudhu, hal ini enggak hanya mampu menghindarkan dan menghapus dosa-dosa kecil kita. Tapi, membuat wajah kita jadi bercahaya dan berseri.

  1. Jogging (berjalan kaki)

Jogging juga bisa termasuk kedalam salah satu rumus biar kita awet muda. Menurut dr. Indarti S, SpKo, jalan kaki itu bisa dilakukan tiga kali dalam sepekan saja selama 30 menit. Dan ternyata manfaat dari berjalan kaki itu enggak sedikit, lho. Diantaranya:

a. Tubuh terasa bugar dan tidak mudah lelah

b. Bisa mencegah kenaikan berat badan atau kegendutan

c. Tekanan darah lebih stabil

d. Daya tahan tubuh lebih kuat

e. Bisa menguatkan tulang, jantung, paru-paru, dan otot.

f. Timbulkan rasa optimistis.

g. Stress berkurang (sumber masih dari Republika).

Gampang kan sobat, kalo kita pengen sehat dan segar, salah satunya ya jalan kaki aja. Mumpung masih gratis.

4. Bahagiakan hati anda

Bahagiakan hati anda, dengan cara menjauhi stress, menurut penelitian para ahli dari University College, London, Inggris, yang dipimpin oleh Andrew Stepteo, orang-orang yang merasakan bahagia dalam kehidupan sehari-hari, secara keseluruhan akan memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik ketimbang mereka yang kerap merasakan ketidakbahagiaan.

Menurut mereka, denyut jantung orang yang bahagia terhitung lebih sedikit. Ini merupakan pertanda kesehatan kardiovaskuler mereka juga baik. Kesimpulan lain dari penelitian merekapun diketahui bahwa, mereka yang bahagia, memiliki kadar hormon stress yaitu kortisol, yang rendah.

Konon, hormon kortisol yang tinggi biasanya dikaitkan dengan hipertensi dan diabetes tipe 2. orang-orang yang bahagia juga cenderung memiliki kadar protein darah (fibrinogen) yang rendah. Menurut mereka, kadar fibrinogen yang tinggi merupakan indikasi seseorang berpotensi terkena problem kardiovaskuler. (Sumber: lagi lagi hasil jiplakan dari Republika)

Mau tau, cara lain membahagiakan diri?

a. Membahagiakan orang lain yang ada di sekitar kita

b. Bersedekah

c. Bahagia dengan apa yang kita miliki

d. Berpikir positif, etc.

Sekadar menyampaikan dan berbagi informasi saja… Semoga bermanfaat sampai anak cucu… Hehehe… (Miss Croon: 210607)

Tidak ada komentar: